Baca Donk ...

Welcome to Aigg's Imudt blog...! Suatu kebanggaan bagi Aigg atas kunjungan anda di blog Imudt ini. jangan lupa untuk mampir lagi di Imudt blog di alamat www.aiggimudt.blogspot.com Semoga mendapat pahala karena telah mengunjungi Imudt blog.

Pages

Sabtu, 16 April 2011

Dampak Masuknya Budaya Asing


Nah setelah kita tahu apa pengertian dari kebudayaan , sekarang kita juga harus tahu bagaimana dampak yang terjadi jika adanya pengaruh budaya lain . Dampaknya adalah :

1.

Terjadi perubahan kebudayaan
2.

Pembauran kebudayaan
3.

Modernisasi
4.

Keguncangan budaya
5.

Penetrasi budaya
6.

Memperkaya keberagaman budaya
7.

Melemahnya nilai-nilai budaya bangsa

Namun dalam setiap dampak yang terjadi juga akan menimbulkan sesuatu hal yang baru, yaitu :

1. Akulturasi Budaya adalah proses pencampuran atau perpaduan dua unsur kebudayaan yang saling berpengengaruh mempengaruhi sehingga memunculkan kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan unsur - unsur kebudayaan aslinya.

2. Difusi adalah pencampuran antara dua unsur kebudayaan yang menimbulkan kebudayaan baru yang menghilangkan ciri khas dari dua kebudayaan yang lama.


Munculnya MUTUAL AKULTURASI

Mutual Akulturasi adalah sebuah mutualisme ( kerjasama yang saling menguntungkan antar dua unsur kebudayaan ) . Hal ini disebabkan karena :

1. Munculnya sikap terbuka kebudayaan yang dipengaruhi,

2. Adanya rasa kecocokan yang dirasakan oleh kelompok masyarakat terhadap masuknya nilai - nilai kebudayaan baru sehingga timbul rasa menyukai.

0 komentar:

Posting Komentar