Baca Donk ...

Welcome to Aigg's Imudt blog...! Suatu kebanggaan bagi Aigg atas kunjungan anda di blog Imudt ini. jangan lupa untuk mampir lagi di Imudt blog di alamat www.aiggimudt.blogspot.com Semoga mendapat pahala karena telah mengunjungi Imudt blog.

Pages

Sabtu, 16 April 2011

Pengertian Kebudayaan

Indonesia kaya akan budaya yang sangat indah. Tapi tanpa kita sadari budaya lain telah merajai budaya asli Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia seharusnya kita bangga akan budaya kita. Bangsa itu dikenal hebat karena mencintai budayanya. Sebelum itu kita akan terlebih dulu mengenal apa pengertian budaya.
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal.Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia. Manusia dan kebudayaan merupakan dwi tunggal karena keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, dimana ada sekelompok manusia maka di situ ada kebudayaan yang dihasilkan. Kebudayan berguna bagi manusia atau masyarakat untuk melindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan antar manusia dan sebagai wadah dari segenap perasaan manusia. Kebudayan yang hidup dan berkembang pada suku bangsa di setiap daerah disebut kebudayaan lokal. Kebudayan menurut wujudnya digolongkan menjadi tiga macam yaitu :
1. kebudayaan berwujud abstrak
2. kebudayaan berwujud konkret; dan
3. kebudayaan berwujud benda (fisik).
Unsur-unsur pokok kebudayaan yang sama dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di dunia dinamakan kebudayaan universal (cultural universal). Tujuh unsur pokok kebudayaaan universal yaitu :
1. sistem religi dan upacara keagamaan
2. sistem dan organisasi kemasyarakatan
3. sistem pengetahuan
4. bahasa
5. sistem kesenian
6. sistem mata pencaharian hidup dan
7. sistem teknologi dan peralatan

0 komentar:

Posting Komentar